Kembali Ke Halaman Depan / Menu Utama List Resep Lainnya

Cara Gampang Menyiapkan Resep Lemet (Ketimus) Singkong Sari Pandan (loyang, tanpa kelapa) yang Bisa Manjain Lidah By Resep Iana

LEZAT, NIKMAT, MUDAH dan Anti GAGAL.

Lemet (Ketimus) Singkong Sari Pandan (loyang, tanpa kelapa). Find and Compare Great Deals on Hotels and You Can Save Big! Get the Most Out of Your Holiday with Package Deals. Save Time and Do Groceries Online Now.

Lemet (Ketimus) Singkong Sari Pandan (loyang, tanpa kelapa) Mau tau cara membuat kue lemet atau ketimus singkong ini dia resep selengkapnya. Sebenarnya sih, makanan ini mirip dengan 'ketimus' atau 'lemet'. Jika rasa manis ketimus/lemet kita dapat dari gula jawa, maka rasa manis dari puding singkong ini berasal dari gula pasir.

Lagi mencari ide resep lemet (ketimus) singkong sari pandan (loyang, tanpa kelapa) yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal lemet (ketimus) singkong sari pandan (loyang, tanpa kelapa) yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Find and Compare Great Deals on Hotels and You Can Save Big! Get the Most Out of Your Holiday with Package Deals. Save Time and Do Groceries Online Now.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari lemet (ketimus) singkong sari pandan (loyang, tanpa kelapa), mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan lemet (ketimus) singkong sari pandan (loyang, tanpa kelapa) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan lemet (ketimus) singkong sari pandan (loyang, tanpa kelapa) sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Lemet (Ketimus) Singkong Sari Pandan (loyang, tanpa kelapa) menggunakan 6 bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Lemet (Ketimus) Singkong Sari Pandan (loyang, tanpa kelapa):

  1. Siapkan 750 gr singkong setelah dikupas (dari berat kotor 1 kg). Parut atau blender, peras dan buang airnya.
  2. Siapkan 225 ml santan (saya: 65 ml santan instant + air sehingga total 225 ml).
  3. Sediakan 50 ml sari pandan (5 lembar pandan digunting2, beri air 50ml dan blender). Kalau tidak ada pandan, 50 ml air + pasta pandan.
  4. Sediakan 150 gr gula pasir.
  5. Siapkan 1 bungkus agar2 plain.
  6. Sediakan Sejumput garam.

Resep lain : Bagaimana Membuat Resep Almond choco butter cookies yang Lezat Sekali By Resep Iana

Selain bahan yang digunakan berupa singkong parut, adonan ini juga menggunakan bubuk agar-agar. Ada yang menyebutkan Lemet (kebanyakan ya.) ada yang bilang ketimus atau ada juga yang menamakannya Utri. Kalo aku mengenal cemilan ini dengan nama Lapek Ubi. Dulu waktu aku kecil, mamaku sering buat cemilan ini.

Langkah-langkah menyiapkan Lemet (Ketimus) Singkong Sari Pandan (loyang, tanpa kelapa):

  1. Siapkan bahan2. Panaskan juga kukusan, yang tutupnya diikat erat serbet. Siapkan loyang, tataki dengan plastik (saya: kantong plastik makanan digunting biar pas loyang), olesi loyang dengan sedikit minyak..
  2. Singkong yang sudah dikupas, dicuci bersih, lalu dipotong2 kecil supaya mudah diblender. Beri sedikit air agar mudah halus. Setelah itu saring dengan serbet, buang airnya. Tidak perlu sampai kering banget..
  3. Untuk membuat sari pandan agar kuenya wangi, blender 5 lembar daun pandan yang digunting2, beri air 50 ml. Kemudian saring. Kalau tidak ada daun pandan, bisa pakai pasta pandan instant yang diteteskan dalam 50 ml air..
  4. Pada wadah lain, campur bubuk agar2, larutan santan, sari pandan, dan gula pasir. Aduk rata. Tuang ke dalam wadah parutan/blenderan singkong, beri sejumput garam. Aduk sampai semua bahan tercampur rata..
  5. Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah disiapkan. Kukus dalam panci kukusan yang sudah panas beruap, selama 30 menit, atau test dengan menusuk pakai tusukan sate. Kalau diangkat tidak ada adonan basah tertinggal pada tusuk sate, berarti sudah matang..
  6. Keluarkan dari kukusan, biarkan dingin lebih dulu baru dipotong2. Kalau masih panas, lengket dan susah dikeluarkan dari loyang :) Mantap dinikmati bersama kopi atau teh. Beri taburan kelapa parut matang bila perlu..

Mama ku memang jago kalo kalo buat kue tradisional. Sekarang karena faktor usia, mama gak pernah lagi memasak. Kalo aku kangen masakan mama, aku tanya ke mama cara dan bahannya. Bagaimana membuat Cemilan kekinian teruji enak dan ramai di pasaran di blog ini kumpulan Resep Cemilan Kekinian Terupdate silahkan share ke sanak saudara kawan maupun lawan anda supaya bersaing sehat dalam membuat cemilan kekinian :) - Putri ayu / lemet singkong - Lemper Bakar - Onde onde kenyil kenyil isi keju - Kue Lumpur Kentang - Risoles Ragout Sapi Keju - Kue Lopis - Wajit Jahe - Kue lumpur kentang - Bolu Karamel Sarang Semut Simple - Kue Cucur Gula Merah - Pastel Putel Panggang - Cake Caramel a.k.a sarang semut - Putu singapur / putu ayu - Onde Onde Ketawa Keju - Kue cucur - Klepon ketan tanpa kapur sirih - Putu ayu. Lemet adalah salah satu makanan tradisional yang dibuat dari bahan singkong atau ubi kayu yang diparut halus dan dicampur dengan gula merah.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan lemet (ketimus) singkong sari pandan (loyang, tanpa kelapa) yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!


Resep lainnya :

  • Macam Mana Menyiapkan Resep Telur Puyuh Masak Kuah Tauco yang Lezat By Resep Iana
  • Macam Mana Menyiapkan Resep Chicken yakiniku yang Lezat By Resep Iana
  • Cara Gampang Menyiapkan Resep Cumi asin pete yang Bikin Ngiler By Resep Iana
  • Cara Mudah Membuat Resep Daging & Lemak Sapi Kuah Kecap yang Menggugah Selera By Resep Iana
  • Bagaimana Membuat Bakwan Labu Toge, Lezat Sekali